News  

Perangkat Pembelajaran Kelas 4 Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2024/2025

Perangkat Pembelajaran Kelas 4 Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2024/2025
Perangkat Pembelajaran Kelas 4 Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2024/2025

Perangkat Pembelajaran Kelas 4 Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2024/2025

Perangkat Pembelajaran Kelas 4 Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2024/2025 Kurikulum Merdeka merupakan inisiatif terbaru dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia yang bertujuan untuk memberikan keleluasaan lebih kepada sekolah dan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi peserta didik. Pada Tahun Ajaran 2024/2025, perangkat pembelajaran untuk Kelas 4 Sekolah Dasar (SD) dalam Kurikulum Merdeka dirancang untuk lebih fleksibel, kontekstual, dan berfokus pada pengembangan kompetensi peserta didik.

Komponen Perangkat Pembelajaran

Perangkat Pembelajaran Kelas 4 Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2024/2025
Perangkat Pembelajaran Kelas 4 Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2024/2025

Perangkat pembelajaran Kelas 4 Kurikulum Merdeka terdiri dari beberapa komponen penting, yang meliputi:

1. Rencana Pembelajaran (RP)
Rencana Pembelajaran adalah panduan yang disusun oleh guru untuk mengatur kegiatan pembelajaran selama satu tahun ajaran. RP Kelas 4 mencakup perencanaan materi pelajaran, metode pengajaran, serta evaluasi dan asesmen yang akan digunakan.

2. Silabus
Silabus memuat garis besar dari setiap mata pelajaran yang diajarkan di Kelas 4. Ini termasuk kompetensi inti dan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik. Dalam Kurikulum Merdeka, silabus lebih fleksibel dan memberi ruang bagi guru untuk menyesuaikan dengan konteks lokal dan kebutuhan siswa.

3. Bahan Ajar
Bahan ajar adalah materi-materi yang digunakan dalam proses pembelajaran, seperti buku teks, modul, video pembelajaran, dan sumber belajar lainnya. Di Kelas 4, bahan ajar disusun untuk mengembangkan literasi, numerasi, dan karakter siswa.

4. Program Semester (Promes)
Program Semester adalah rencana kerja yang disusun untuk satu semester yang memuat rincian dari setiap kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Ini termasuk jadwal pelajaran, alokasi waktu, dan aktivitas pembelajaran.

Baca juga  Cerbung Guru Killer Itu Kekasihku Part 1

5. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
RPP adalah rencana rinci untuk setiap pertemuan atau sesi pembelajaran. RPP Kelas 4 harus mencakup tujuan pembelajaran, langkah-langkah kegiatan, media dan sumber belajar, serta penilaian.

Pendekatan Pembelajaran

Kurikulum Merdeka menekankan pendekatan pembelajaran yang aktif dan partisipatif. Beberapa metode yang dianjurkan antara lain:

– Project-Based Learning (PBL)
Pembelajaran berbasis proyek membantu siswa untuk belajar melalui proyek nyata yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif.

– Inquiry-Based Learning
Pembelajaran berbasis inkuiri mendorong siswa untuk bertanya, menyelidiki, dan menemukan jawaban atas pertanyaan mereka sendiri. Ini memupuk rasa ingin tahu dan kemampuan berpikir analitis.

– Blended Learning
Pembelajaran campuran yang menggabungkan metode tatap muka dan pembelajaran daring (online) untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih kaya dan variatif.

Penilaian dan Evaluasi

Penilaian dalam Kurikulum Merdeka tidak hanya berfokus pada hasil akhir, tetapi juga pada proses pembelajaran. Penilaian formatif dan sumatif digunakan untuk mengukur kemajuan belajar siswa. Selain itu, penilaian juga mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Beberapa bentuk penilaian yang diterapkan antara lain:

– Tes Tertulis dan Lisan
Untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.

– Portofolio
Kumpulan karya siswa yang menunjukkan perkembangan dan pencapaian belajar mereka.

– Observasi
Penilaian melalui pengamatan langsung terhadap aktivitas dan perilaku siswa selama proses pembelajaran.

Integrasi Teknologi

Kurikulum Merdeka juga mengintegrasikan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. Guru diharapkan memanfaatkan berbagai platform dan alat digital untuk mendukung pembelajaran, seperti Learning Management System (LMS), aplikasi pembelajaran interaktif, dan sumber belajar online. Ini bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas dan kualitas pembelajaran.

Baca juga  Kisah Perang Tabuk bagian 1

Silahkan Download Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Lengkap Kelas 6 Semester 1 dan 2 TP. 2024/2025 pada Link berikut :

Download disini

Kesimpulan

Perangkat Pembelajaran Kelas 4 Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2024/2025 dirancang untuk memberikan fleksibilitas dan menekankan pada pengembangan kompetensi holistik peserta didik. Dengan pendekatan yang kontekstual dan berfokus pada partisipasi aktif siswa, diharapkan pembelajaran menjadi lebih bermakna dan relevan. Integrasi teknologi dan penilaian yang komprehensif juga menjadi bagian penting dari perangkat pembelajaran ini, mendukung terciptanya lingkungan belajar yang dinamis dan adaptif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *